Skip to content
Beranda » Melihat Pameran Foto Lubang Jarum di Galeri Merah Putih Balai Pemuda Surabaya

Melihat Pameran Foto Lubang Jarum di Galeri Merah Putih Balai Pemuda Surabaya

PRESKON.ID – Sanggar DAUN bekerjasama dengan Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) dan Indonesian Pinhole, menggelar event Surabaya Worldwide Pinhole Photography Day 2024 di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya, 27 April 2024 hingga 2 Mei 2024.

Dalam event ini selain menyuguhkan pameran fotografi pinhole atau lubang jarum juga digelar diskusi fotografi, workshop pinhole, hunting pinhole serta on the spot painting and drawing.

Sebanyak 30 karya foto pinhole dari 30 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia yang menggunakan kamera pinhole serta teknik fotografi analog lainnya dipajang dalam event ini.

Adapun kurator pameran adalah Ray Bachtiar Dradjat dari Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI), Arik S. Wartono (Owner Sanggar DAUN) dan Irman Ariadi (Indonesian Pinhole).

Owner Sanggar DAUN, Arik S. Wartono, menunjukkan salah satu kamera lubang jarum yang terbuat dari kaleng bekas yang dipajang di event Surabaya: Worldwide Pinhole Photography Day 2024 di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya

Arik S. Wartono, owner Sanggar DAUN, mengatakan event yang digagas Sanggar DAUN, KLJI dan Indonesian Pinhole ini dalam rangka merayakan Worldwide Pinhole Photography Day 2024 yang diperingati setiap bulan April pada minggu terakhir.

“Selain pameran, juga ada workshop, diskusi fotografi dan hunting foto pinhole,” kata Arik S. Wartono, Rabu (1/5/2024).

Selain itu kegiatan ini sekaligus merayakan Hari Menggambar Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei bersamaan dengan hari Pendidikan Nasional.

“Menggambar adalah bagian dasar dari pendidikan. Sedangkan bulan Mei ditetapkan sebagai Bulan Menggambar Nasional. Dan Fotografi secara harafiah artinya menggambar dengan cahaya,” jelasnya.

Lebih lanjut Arik menambahkan bahwa event ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan HUT ke-20 Sanggar DAUN (2004-2024).

Karya-karya peserta pameran foto lubang jarum (pinhole) di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya

“Satu hal yang istimewa dalam event Surabaya Worldwide Pinhole Photography Day 2024 adalah hadirnya karya fotografer Candice Jyotika yang masih berusia 5 tahun asal Sidoarjo,” ujarnya.

Arik menambahkan, selain event di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda, Surabaya, rangkaian Surabaya Worldwide Pinhole Photography Day 2024 juga menggelar pameran foto lubang jarum di ARTS.ID Art Space, Jalan Lombok No.10 Surabaya dari tanggal 28 April 2024 hingga 27 Juni 2024.

Fotografer yang pameran di ARTS.ID ada 6 orang yakni Ray Bachtiar Dradjat (Jakarta), Arik S. Wartono (Gresik), Irman Ariadi (Bangka). Syafiudin Vifick (Bali), Nur Hasanah Sawil (Cirebon) dan Ariel Ramadhan (Surabaya).

Sumber : https://preskon.id/melihat-pameran-foto-lubang-jarum-di-galeri-merah-putih-balai-pemuda-surabaya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *