Skip to content
Beranda » Pameran Pinhole Day 2024: Puluhan Karya Foto Kamera Lubang Jarum di Surabaya

Pameran Pinhole Day 2024: Puluhan Karya Foto Kamera Lubang Jarum di Surabaya

SUARA MERDEKA SURABAYA – Puluhan karya Kamera Lubang Jarum (KLJ), menghiasi setiap sudut galeri dalam menyambut Hari Pinhole Dunia 2024. Terlihat pengunjung melihat karya-karya foto di Galeri Merah Putih di Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu 27 April 2024.

Pameran fotografi yang berlangsung pada 27 April hingga 2 Mei 2024 itu menampilkan karya sebanyak 30 foto, diikuti oleh 30 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia.

Ray Bachiar, Founder Komunitas Lubang Jarum Indonesia, mengatakan bahwa pameran ini diadakan bertujuan memberikan pengetahuan seni menciptakan foto serta mengenalkan sejarah dunia fotografi kepada khalayak luas.

“Pinhole atau kamera lubang jarum, adalah kamera sederhana tanpa lensa yang menggunakan lubang kecil sebagai pengganti lensa untuk merekam subjek. Selain itu, kami juga mengapresiasi hasil dari para anggota sampai para master,” ujar Bachiar saat ditemui Suara Merdeka Surabaya.

Ia menambahkan bahwa Hari Pinhole Dunia dirayakan setiap 28 April 2024 secara serentak di seluruh dunia.

“Pada perayaan Hari Pinhole, khususnya pegiat Pinhole Indonesia akan dilakukan hunting foto KLJ bersama,”ujarnya.

Sementara itu, Irman Ariyadi, Ketua Pelaksana Pameran Pinhole Day, mengungkapkan bahwa fokus utama anggota Pinhole Indonesia saat ini adalah menangkap gambar yang bergerak.

“Sebelumnya ada program bernama Rekam Matahari, yang memerlukan waktu tujuh hari untuk mencapai hasil gambar yang optimal dari sinar matahari,” jelasnya.

Dia berharap semakin banyak yang tertarik dan ikut hunting bersama Pinhole Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah sehingga bisa melestarikan budaya melalui pinhole ini.

Pameran fotografi ini dimeriahkan beberapa rangkaian acara, termasuk Pameran Fotografi Pinhole, Diskusi Fotografi, Workshop Pinhole, Hunting Pinhole, dan On The Spot Painting/Drawing.

Disisi lain, Aliya Sakina Murdoko, salah satu fotografer muda dari Malang, karyanya yang berjudul Asoka dengan visual tanaman bunga terpilih dalam Pameran Pinhole Day 2024.

“Kebetulan saya suka melukis seperti bunga, terus karyanya yang lolos kurasi juga bunga. Seru sih, bisa ikut pameran Pinhole,” ujar Aliya Murdoko.

Pelajar SMP National Leader School Malang itu mengaku. Meski terbilang baru di dunia fotografi khususnya pinhole, ia selalu menikmati proses penciptaan foto.

Alhasil karya yang Aliya ciptakan bisa mencuri perhatian hampir seluruh pengunjung pameran tersebut.

“Ada tantangannya butuh fokus, memilih angle yang tepat serta rasa penasaran terhadap hasil karena tidak bisa lihat langsung, seperti kamera digital. Kemarin motretnya beberapa kali sebanyak 5 kali setiap spot, terus dipilih yang paling menarik,” ungkap Aliya..

Dia berharap kedepannya pameran Pinhole ini terus diselenggarakan, terutama untuk mewadahi kreatifitas generasi muda.

“Semoga terus ada, sebagai ruang berkarya bagi kaum muda, karena ingin melanjutkan pameran pinhole berikutnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *