Skip to content
Beranda » Puluhan Karya Fotografi Pinhole Dipamerkan Serentak di 2 Galeri Surabaya

Puluhan Karya Fotografi Pinhole Dipamerkan Serentak di 2 Galeri Surabaya

SURABAYA (RadarJatim.id) — Puluhan karya seni fotografi lubang jarum (pinhole) dipamerkan di dua lokasi sekaligus di Surabaya, mulai Sabtu (27/4/2024). Kedua lokasi itu adalah Gallery Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya dan ARTS.ID Art Space, Jl. Lombok 10 Surabaya.

Di Gallery Merah Putih, pameran akan berlangsung pada 27 April – 2 Mei 2024. Sementara di ARTS.ID Art Space digelar pada 27 April – 27 Juni 2024. Pameran fotografi ini akan menyuguhkan beberapa agenda acaya, yakni Pameran Fotografi Pinhole, Diskusi Fotografi, Workshop Pinhole, Hunting Pinhole dan On The Spot Painting/Drawing.

“Ini terbuka untuk umum dan gratis. Jam buka galeri pada pukul 10 00 – 21.00 WIB. Monggo masyarakat Surabaya dan sekitarnya hadir,” ujar Arik S. Wartono, salah satu kurator pameran yang juga pendiri Sanggar DAUN, Jumat (26/4/2024).

Dikatakan, pameran itu digelar dalam rangka merayakan 20 Tahun Sanggar DAUN, Worldwide Pinhole Photography Day 2024, Hari Menggambar Nasional 2 Mei 2024 dan Mei sebagai bulan Menggambar Nasional. Tiga seniman bertindak kurator, yakni Ray Bachtiar Dradjat (KLJI), Arik S. Wartono (Sanggar DAUN), dan Irman Ariadi (Indonesian Pinhole).

Pameran fotografi menampilkan 30 foto lubang jarum (pinhole) dari 30 kreator di beberapa daerah di Indonesia, dengan berbagai bentuk kamera pinhole, berbagai media rekam dan berbagai kreativitas teknik analog.

gresik - arik - Gerbang Majapahit

Ia menambahkan, Indonesian Pinhole (IPO) yang bekerja sama dengan Sanggar DAUN dan Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) berencana menjadikan program kolaborasi ini sebagai program yang berlangsung tiap tahun.

Arik menjelaskan, pameran seni fotografi lubang jarum (pinhole) ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Worldwide Pinhole Photography Day 2024 yang diperingati setiap bulan April pada minggu terakhir. Selain pameran, juga ada workshop, diskusi fotografi dan hunting bersama yang tentunya serentak di berbagai negara saat momen Worldwide Pinhole Photography Day, 28 April 2024.

“Kegiatan ini sekaligus merayakan Hari Menggambar Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei bersamaan dengan hari Pendidikan Nasional, karena menggambar adalah bagian dasar dari pendidikan dan bulan Mei ditetapkan sebagai Bulan Menggambar Nasional, yang terselenggara di seluruh titik yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, fotografi secara harafiah artinya menggambar dengan cahaya. Dan, perayaan ini, lanjutnya, sekaligus menandai ulang tahun ke-20 Sanggar DAUN (2004-2024). Para seniman yang terlibat dalam pameran ini, di antaranya Ray Bachtiar Dradjat (Jakarta), Arik S. Wartono (Gresik), Irman Ariadi (Bangka), Syafiudin Vifick (Bali), Nur Hasanah Sawil (Cirebon), juga Ariel Ramadhan (Surabaya).

Satu hal yang istimewa dalam rangkaian kegiatan Surabaya: Worldwide Pinhole Photography Day 2024, sambung Arik, adalah, hadirnya karya fotografer anak-anak termuda, yakni Candice Jyotika (5 tahun) dari Sidoarjo, Jawa Timur, tercatat dalam pameran foto yang terpublikasi secara internasional.

“Anak-anak usia TK (Taman Kanak-Kanak) seperti Candice Jyotika sudah mulai berkarya pinhole, tentu fakta menarik yang mungkin bahkan tak pernah terbayangkan oleh Ibnu Al-Haitham (Alhazen) sang penemu kamera obscura. Seperti keajaiban sulap Al-Bayt Al-Muzlim (camera obscura), dunia akan menyeru: Alakazam Abracadabra!,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *